On Poverty

Penampilan Simon Bolivar Youth Orchestra ini mungkin penampilan orkestra terbaik untuk ditonton. Terdengar berlebihan tapi ada alasan khusus dibalik pernyataan itu. Suara yang dihasilkan oleh pemain-pemainnya mungkin tidak seindah dan setepat suara yang dihasilkan pemain orkestra profesional, tapi ada yang dibawa oleh pemain dan musik Simon Bolivar Youth Orchestra: energi, hidup, dan yang terpenting, menyenangkan, sebagaimana halnya musik itu sendiri. Penampilan ini menjadi ajang untuk penonton dan pemain bersenang-senang dan tidak harus mengerti musik klasik. Semua bisa menikmati.

Simon Bolivar Youth Orchestra sendiri adalah orkestra asal Venezuela yang lahir dari El Sistema atau The System, sebuah program yang didukung pemerintah untuk merekrut anak-anak Venezuela, terutama yang hidup di bawah garis kemiskinan, untuk belajar musik dan bermain dalam orkestra. Tujuannya sederhana, supaya anak-anak tidak terlibat dalam narkoba, prostitusi, hal-hal lain yang bisa menyebabkan kehidupan mereka menjadi lebih buruk. Adalah Jose Antonio Abreu, seorang ekonom dan maestro asal Venezuela yang memulai program ini.

This is Jose Antonio Abreu on TED Talks where he shared the philosophy of El Sistema and his vision. I literally cried when he said:

“Mother Teresa of Calcutta insisted on something  that always impressed me: the most miserable and tragic thing about poverty is not the lack of bread or roof, but the feeling of being no-one, the feeling of not being anyone, the lack of identification, the lack of public esteem.”

I was struck by his words and cried because he said the undoubted truth about poverty that people easily forget, and how he uses music brilliantly as a tool to eradicate poverty. Kita sering lupa untuk melihat kemiskinan dari sisi psikologis, kita anggap miskin sama dengan tidak punya uang. Banyak negara yang pemerintahnya hanya ganti rugi untuk ini itu, kasih rumah susun dan perabotannya, tapi tetap gak ada perubahan. Mengapa? Karena mereka masih miskin seperti yang dikatakan Maestro Abreu. Well, sekarang kita punya pandangan baru tentang kemiskinan.

And I feel useless. I have done nothing to let other humans feel that they are everything.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s