Review: Perempuan

Judul: Perempuan
Penulis: Mochtar Lubis
Tahun: 1956

8.5/10

 

Cerpen pertama pada buku ini berjudul “Perempuan” yang menceritakan tentang “aku”, wartawan Indonesia yang sedang singgah di Tokyo dan bertemu sahabatnya, Maeda, yang terlihat murung. Selidik punya selidik, Maeda sedang bermasalah dengan istrinya yang orang Indonesia, Aisah. Maeda meminta tolong “aku” untuk membujuk istrinya yang sudah dianggap seperti saudara oleh “aku”. Di sini tokoh “aku” dibuat bingung oleh akal perempuan yang laki-laki atau bahkan perempuan sendiri tidak akan pernah paham. Ada lagi kisah berjudul “Cerita Sebenarnya Mengapa Haji Jala Menggantung Diri” yang menceritakan tentang betapa mudahnya rakyat yang buta politik ditipu daya oleh penguasa.

Tema cerita yang diangkat sangat luas dan sebagai wartawan internasional, Mochtar Lubis banyak menggunakan latar tempat di negeri lain seperti Jepang, Hong Kong, Filipina, dsb. Tokoh-tokohnya juga tidak terbatas dengan orang Indonesia saja tapi dari banyak tempat, seperti ingin menunjukkan bahwa pada akhirnya manusia adalah manusia, sifat dan pembawaannya tetap seperti itu walaupun dilahirkan di sisi dunia yang berbeda. Di sini pembaca akan sadar bahwa Mochtar Lubis adalah seorang humanis.

Dari segi bahasa, pilihan katanya sangat lugas, pembaca bisa dengan mudah menangkap maksud cerita. Sudut pandang yang digunakan kebanyakan sudut pandang pertama dengan “aku” sebagai narator dari cerita-cerita, entah dia terlibat langsung atau tidak dalam kejadiannya. Ini juga yang membuat membaca cerpen-cerpen dalam “Perempuan” seperti mendengarkan seorang teman bercerita tentang pengalaman hidupnya setelah berpergian jauh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s