Opini: Tentang Seleksi Masuk PT

Kenapa kita butuh seleksi masuk PT yang terintegrasi?

Karena seleksi masuk yang banyak dan bertubi-tubi seperti sekarang tidak efektif, mengingat materi yang diujikan tidak berbeda jauh, hanya penyajiannya saja yang berbeda. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga bisa diperkecil karena seleksi yang dilakukan hanya sekali tapi bisa untuk melamar ke berbagai universitas (tidak hanya 3 prodi/universitas seperti SBMPTN). PTS juga bisa menjadi universitas yang menggunakan seleksi. Yang paling penting, agar siswa tidak tertekan.

Tetap saja ada kemungkinan siswa tidak lolos, kan? 

Ya, betul. Tapi, seleksi masuk ini bukan satu-satunya komponen yang menilai siswa dapat lolos ke universitas pilihan atau tidak. Seleksi ini hanya mengeluarkan nilai siswa pada masing-masing mata uji. Komponen lain mungkin bisa wawancara, esai, atau tes kesehatan. Tergantung masing-masing universitas. 

Baik, ini mungkin menguntungkan siswa. Apa keuntungannya untuk PT?

Karena seleksi masuk ini bukan satu-satunya komponen penentu, PT bisa menentukan komponen lain seperti yang tadi disebutkan. Memang harusnya PT, lembaga pendidikan yang sepenuhnya mandiri, menentukan sendiri kriteria calon mahasiswa yang sesuai dengan karakter PT-nya. Jangan didasarkan pada hasil seleksi saja karena tidak menggambarkan calon mahasiswa secara keseluruhan. Selama ini ‘kan hanya berdasarkan seleksi masuk, masih mentah, kasarnya. Itu keuntungan untuk PT.

Apa seleksi seperti ini sudah ada sebelumnya?

Ada. Seleksi sejenis ini sudah diselenggarakan di berbagai negara seperti SAT (AS), EJU (Jepang), A Level (negara dengan kurikulum Cambridge). 

 

Impian: bisa bikin seleksi masuk kayak begini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s